Rabu, 02 September 2015

Menjual Listrik ke PLN

On Grid System / Grid Tie System

Kalau selama ini kita selalu diposisikan sebagai konsumen dihadapan PLN, maka kini saatnya kita menjadi supplier listrik bagi PLN. Mungkinkah ?
Jawabannya adalah YA..!!!! karena Teknologi Inverter pada System Solar Cell Generator telah memungkinkan kita untuk menjual listrik yang kita produksi dari Solar Cell untuk dipasok ke jaringan PLN, Metering PLN yang biasanya berputar ke KANAN bisa kita putar KEKIRI ( Angka pada bacaan meter akan berhitung mundur / Count Down ) sesuai dengan jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh Solar Cell kita.

Grid Tie System adalah System Solar Cell Generator yang dapat bekerja secara paralel dengan listrik dari jaringan PLN untuk mensupply energi yang dibutuhkan di rumah / kantor / pabrik kita. Grid Tie System telah dirancang sinkron dengan system Listrik PLN sehingga tidak perlu kawatir akan terjadi konflik.

Berikut gambaran cara kerja Grid Tie Inverter vs PLN:

System ini hanya dapat diaplikasikan pada lokasi yang sudah dilayani oleh PLN, dengan demikian maka kita memiliki 2 sumber energi yang kita gunakan untuk mensupply kebutuhan listrik di tempat kita yaitu listrik yang bersumber dari PLN dan listrik yang bersumber dari Solar Cell.

Contoh aplikasinya adalah sebagai berikut :

Andaikan dirumah kita memiliki listrik berdaya 1.000Watt dari PLN, dan kita memasang System Grid Tie Solar Cell sebesar 1.000Watt, maka total daya yang kita miliki menjadi 2.000Watt pada siang hari.

System akan bekerja sbb:

1. Jika kita mengaktifkan beban listrik dirumah kita sebesar 1.000Watt pada waktu siang hari, maka seluruh kebutuhan energi listrik yang timbul akan disupply secara otomatis oleh listrik yang bersumber dari Solar Cell yang kita punya, maka pada kondisi seperti ini kita akan melihat bahwa Meter PLN kita akan berhenti. (tidak berputar)

2. Jika kita mengaktifkan beban di rumah kita sebesar 1.500Watt pada siang hari, maka energy tersebut akan dipasok oleh Solar Cell sebesar 1.000Watt dan sisanya akan dipasok oleh PLN sebesar 500Watt. Dalam kondisi ini energi listrik dari PLN digunakan untuk menutup defisit daya yang dibutuhkan.

3. Jika kita mengaktifkan beban dirumah kita sebesar 500Watt pada siang hari, maka energy tersebut akan dipasok oleh Solar Cell sebesar 1.000Watt, disini kita lihat ada kelebihan pasokan sebesar 500Watt. Kemana kelebihan ini akan disalurkan? Kelebihan ini akan disalurkan keluar rumah kita menuju jaringan PLN. Akibatnya meter PLN akan berputar kekiri (Count Down). Ini adalah kondisi dimana kita sedang menjual kelebihan energy yang dihasilkan oleh Solar Cell kita kepada PLN.

4. Jika kita mematikan seluruh beban dirumah kita pada siang hari, maka seluruh produksi listrik dari Solar Cell akan langsung disalurkan keluar rumah kita ke jaringan PLN, akibatnya meter PLN akan berputar ke kiri (Cont Down). Banyaknya energy yang bisa kita jual ke PLN dalam 1 hari jika seluruh beban dimatikan adalah 1.000 x 4 = 4 Kwh karena dalam kasus ini kita menggunakan Solar Cell 1.000Watt-peak. Jika kita menggunakan kapasitas lebih besar maka energy yang kita jual juga akan semakin besar, artinya meter PLN akan berputar kekiri lebih kencang.

SMA - Solar Grid Tie Inverter

Komponen utama Solar On Grid System meliputi : Panel Surya, Solar Grid Tie Inverter, Export Import Metering System.


Anda tertarik dengan system ini.... ???


3 komentar:

  1. saya tertarik, bisa hub saya.. tq

    BalasHapus
  2. Saya tertarik di mana saya bisa hubungi,untuk konsultasi lebih jauh.

    BalasHapus
  3. Saya tertarik di mana saya bisa hubungi,untuk konsultasi lebih jauh.

    BalasHapus