Rabu, 15 Januari 2014

Cara Kerja Sistem POMPA AIR TENAGA SURYA

Posted on 01/02/2017 by Larungki Adeka P. in Posting Artikel

Irigasi Pompa Tenaga Surya
Belakangan ini banyak sekali pertanyaan yang masuk kepada kami, tentang " BAGAIMANA SIH SEBENARNYA CARA KERJA POMPA AIR TENAGA SURYA ITU ? "

Oke, kami akan coba bantu jelaskan... !!!

Pompa Air Tenaga Surya ini sebenarnya bukan sebuah teknologi yang baru., pada dasarnya sistem ini adalah sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk sistem Pompa Air. Sistem Pompa Air Tenaga Surya ini terbagi menjadi 2 type, diantaranya :

1. Type SUBMERSIBLE; atau biasa disebut sebagai Pompa Celup / Pompa Dorong
LORENTZ Submersible Pump
2. Type SURFACE; atau biasa disebut sebagai Pompa Permukaan / Pompa Hisap


LORENTZ Surface Pump

Sistem kerja Pompa Air Tenaga Surya bekerja sesuai dengan keadaan atau kondisi intensitas cahaya matahari yang menyinarinya. Oleh karena itu sistem Pompa Air Tenaga Surya akan bekerja memompa air LEBIH BANYAK pada waktu musim KEMARAU (Intensitas cahaya matahari tinggi) dan akan memompa air LEBIH SEDIKIT pada waktu musim PENGHUJAN (Intensitas cahaya matahari rendah).

Pompa Air Tenaga Surya Konfigurasi

Sistem Pompa Air Tenaga Surya di-design untuk dapat bekerja TANPA menggunakan Battery/ACCU. Hal ini akan sangat menguntungkan, karena sistem ini menjadi lebih MURAH dan SANGAT HANDAL.

Battery/ACCU set-up

" komponen Battery/ACCU akan menjadi titik lemah dari suatu sistem PLTS, karena apabila lupa dipelihara atau salah dalam pemilihan type, maka komponen tersebut akan cenderung cepat rusak "


Sistem Pompa Air Tenaga Surya terdiri dari 3 komponen utama, diantaranya :

1. Solar Panel; berfungsi untuk merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik yang akan digunakan untuk menjalankan pompa.
Solar Array / Solar Panel

2. Motor Controller; berfungsi untuk mengatur energy listrik yang dihasilkan oleh Solar Panel agar dapat dimanfaatkan secara maximum untuk menggerakkan pompa.
LORENTZ Motor Controller

3. Pump Unit; berfungsi untuk merubah energy listrik yang disalurkan oleh Motor Controller menjadi energi gerak untuk memompa air.
LORENTZ Pump Unit

Pompa Air Tenaga Surya (PATS) dapat diaplikasikan untuk :

1. Sistem jaringan air bersih bagi masyarakat di daerah terpencil dengan kapasitas sebesar 5 Kubik s/d 100 Kubik per hari.
Drinking Water Application

2. Sistem sirkulasi air irrigasi bagi penyedia air untuk Pertanian, Perikanan ataupun Peternakan.

Irrigation Application

3. Sistem sirkulasi air kolam renang.

Pool Application

Demikian sedikit penjelasan dari kami mengenai cara kerja Pompa Air Tenaga Surya, semoga bisa sedikit membantu untuk tambahan informasi bagi rekan-rekan sekalian untuk aplikasi jaringan pengairan yang akan digunakan untuk kebutuhan daerah anda.


Salam EnergiBersih,

Larungki Adeka P.
CEO Sans Power (PT. Java Surya Teknik)
Commissioner Surya Mahaka Nusantara
Founder Generasi Solar Foundation
Chairman of Natural Resources, Minerals Energy and Environment HIPMI BPC Surabaya

Ingin menghubungi kami ?

1 komentar:

  1. Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

    BalasHapus